Skip to main content

Pengalaman Perpanjangan SIM di Pos SIM Keliling Mall Ciputra Tangerang



Ini merupakan kedua kalinya datang ke pos SIM Keliling (Simling) untuk perpanjangan Surat Izin Mengemudi, SIM A dan SIM C di Parkir Lobby Timur, Mall Ciputra, Kab Tangerang pada 30 Mei 2023.

Kemarin tanggal 29 Mei 2023 saya datang ke pos Simling sekitar pukul 13.00 yang ternyata diketahui pendaftaran mulai dibuka dari jam 08.00 hingga 12.00 WIB, meskipun jika dilihat dari pengumuman di Instagram Satlantastangkab, keterangan waktu menunjukkan pukul 08.00 - 14.00 WIB.

Buat yang belum pernah datang ke Simling, sebaiknya mempersiapkan diri untuk hadir lebih awal untuk menghindari kejadian serupa seperti saya. Nah, tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman kepada siapapun yang menemukan blog ini, untuk mendapatkan informasi yang berguna apabila suatu waktu ingin memperpanjang SIM di pos Simling.

Pengalaman saya, area Lobby Timur Mall Ciputra pada Senin dan Selasa digunakan untuk titik lokasi pelayanan SIM Keliling. Bagi yang ingin memperpanjang SIM, syaratnya membawa fotokopi KTP 1 buah, SIM lama, pulpen untuk mengisi form, kemeja yang rapih (buat difoto gitu) atau pakaian bebas rapi boleh-boleh aja dan jangan lupa bawa sejumlah uang ya.

Karena saya perpanjangan SIM sekaligus A dan C, total biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp385 rb. Perincian uang tersebut sebagai berikut:

- Tes kesehatan/tes buta warna: Rp30 rb
- Tes psikologi (menggunakan tablet): Rp100 rb
- Biaya SIM A dan SIM C : Rp255 rb

Sebelum saya datang ke tempat SIM Keliling, saya mencoba cari via Google untuk jadwal SIM Keliling di wilayah Tangerang. Kamu bisa juga cari informasi mengenai jadwal SIM Keliling di akun Instagram Sat Lantas Polresta sesuai domisili masing-masing.

Proses yang saya jalani untuk perpanjangan SIM A dan SIM C mulai dari kedatangan, tes kesehatan/buta warna, tes psikologi, difoto dan scan sidik jari di dalam mobil Simling, lalu menunggu sampai akhirnya SIM baru jadi membutuhkan waktu kira-kira 1-2 jam di Parkir Lobby Timur, Mall Ciputra. 

Menurut petugas, hari kedua umumnya lebih sedikit orang yang mengurus perpanjangan SIM. Saya datang di hari kedua (Selasa), sedangkan hari Senin kemarin saya gagal perpanjangan SIM karena layanan sudah tutup.

Saat menunggu proses perpanjangan SIM, kamu bisa duduk-duduk di kursi yang disediakan atau sambil jalan-jalan ke mall juga bisa (kalau mau, tapi sy khawatir nama kita bakal segera dipanggil, jd lebih baik tetap berada di area Simling).

Saya juga mendapatkan informasi dari warga yang juga sama-sama mengurus perpanjangan SIM bahwa lebih baik mengurus di pos Simling. Katanya, selain lebih dekat dari tempat tinggal, juga memudahkan karena pos-pos yang mesti dilalui (pos kesehatan/psikologi/lainnya) berada di satu area yang sama (lokasinya tidak berjauhan).

Setelah SIM jadi, kamu akan ditawarkan apakah mau dipasang lapisan antigores pada kartu SIM yang baru dicetak? Kalau tidak salah biayanya sebesar Rp10 rb per satu kartu SIM. Bagi mereka yang mau saja, tidak diharuskan.

Demikian tulisan ini semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Betapa Mahalnya Sehat Itu

Selagi manusia masih sehat dan beraktivitas dalam rutinitasnya, istirahat adalah salah satu hal utama yang perlu dipenuhi oleh tubuh. Karena kita bukan mesin atau robot, melainkan makhluk hidup yang memiliki sistem yang bekerja dalam raga. Maka, sistem ini perlu diberikan 'waktunya' untuk beristirahat, terutama tidur yang cukup. Namun, apa jadinya bila porsi istirahat menjadi kurang, tetapi setiap hari sudah harus digenjot terus dengan pekerjaan yang menguras energi? Bila satu atau dua hari mungkin tubuh masih bisa sehat, walau tanda-tanda lelah seperti ngantuk di siang hari (karena kurang tidur) itu sudah menjadi pertanda bahwa tubuh perlu istirahat. Agak sulit memang, saat seharian bekerja dari pagi hingga sore atau malam hari, terdapat porsi istirahat yang sebetulnya cukup, namun mata tak jua ingin terpejam. Ada hal lain yang ingin dilakukan, mungkin hiburan atau sekadar berinteraksi dengan sosial media. Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk melepas penat den

Pengalaman mengurus balik nama motor, pajak tahunan dan ganti kaleng (plat) di Samsat Kelapa Dua Tangerang

Sebagai warna negara yang baik, tentu kita perlu untuk memenuhi apa yang diharuskan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor, yakni membayar pajak. Oleh karena kini sudah berdomisili di Kabupaten Tangerang, tepatnya di wilayah kecamatan Curug, maka Anda yang beralamat di wilayah tersebut bisa mengurus seperti balik nama kendaraan bermotor, pajak tahunan dan ganti kaleng alias plat di Samsat Induk Kelapa Dua Tangerang. Penulis mengalami sendiri, karena berdomisili di Curug, maka tidak dapat mengurus seperti balik nama ranmor, dan lain-lain di Samsat Tangerang (Cikokol). Yang beralamat di Curug diarahkan untuk mengurus ke Samsat Kelapa Dua Tangerang. Perlu diperhatikan kalau Anda mengetikkan kata kunci di Google "Samsat Kelapa Dua Tangerang", maka hasil pencarian teratas akan menunjukkan "Gerai Samsat Kelapa Dua". Kalau Anda ingin cek fisik, mengurus balik nama hingga ganti kaleng secara mandiri (ngurus sendiri), maka di gerai tersebut tampaknya tidak bisa m

Lebih Baik Disini, Rumah Kita Sendiri (Bagian I)

Rasa nasionalis meledak bukan karena sedang nonton pertandingan bola timnas Indonesia, namun justru rasa kebanggaan dengan negara sendiri muncul pada saat ditolak dalam pengajuan VISA keluar negeri, ke USA. Bisa dibayangkan berapa uang yang mesti dikeluarkan dalam pengajuan permohonan VISA serta tinggal di negeri paman Sam tersebut, meski hanya beberapa hari. Untungnya semua biaya ditanggung oleh salah satu perusahaan elektronik terkemuka asal Jepang, yang memiliki Country Manager atau kantor cabang negara yang berlokasi di Jakarta timur. Komprehensifnya arsip, berkas dan surat ternyata mampu dikalahkan dengan "personal identity" yang mungkin mereka anggap belum layak untuk melancong ke negara super power tersebut. Padahal, surat beserta dokumen resmi lainnya telah dilampirkan, bahkan tiket reservasi hotel di Las Vegas pun telah dibukukan. Sekadar diketahui, event CES atau Consumer Electronic Show 2013 digelar pada awal Januari 2013. Di event akbar internasional ters