Skip to main content

Belajar dari Analogi Setir Mobil

Weekend kali ini tidak terlalu membosankan karena penulis berkesempatan untuk menyetir mobil. Mengemudi mobil dari rumah ke sebuah masjid paling tersohor di Depok, ada pelajaran yang bisa diambil.

Tiba-tiba terbesit bahwa mengemudikan kendaraan, khususnya mobil membutuhkan ketangkasan, ketelitian dan mungkin feeling serta koordinasi gerak yang sesuai. Ibarat bahasa kerennya ialah 'multitasking', yang melibatkan mata, tangan dan kaki.

Hidup pun demikian, kitalah sebagai sopir bagi kehidupan yang kita jalani saat ini. Mata harus mampu melihat keadaan di depan, jangan lengah untuk sesekali melirik spion (melihat sesuatu di belakang).

Hal ini berarti, mata harus dapat membaca situasi, feeling prediksi apa yang akan terjadi bila pedal gas mobil terus diinjak atau mengerem secara tiba-tiba. Melihat ke belakang tidak selamanya buruk, karena boleh jadi melihat ke belakang (seperti melihat spion) adalah hal yang diperlukan.

Melihat ke belakang, berarti memahami, mengambil pelajaran dari hal yang telah berlalu, serta berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan berulang kali. Nah, ini tentang fungsi mata untuk melihat ke depan dan ke belakang.

Bagaimana dengan tangan? Tangan adalah penggerak, dari tangan kita memutar setir mobil untuk membuat mobil bergerak ke kiri atau kanan, menyalakan lampu sein, klakson, oper persneling dan sebagainya. Tangan memiliki peran penting, begitu juga dalam kehidupan.

Tangan berarti bagian tubuh yang mampu menggerakan sesuatu, melakukan tindakan, tentang aktivitas, kegiatan fisik yang terkontrol melalui apa yang ditangkap oleh mata. Saat mata pengemudi melihat kondisi akan terjadi bahaya di depan, maka tangan akan segera melakukan tindakan untuk mengklakson, menyalakan lampu sein, lampu tembak dan lain-lain.

Begitu juga saat mata melihat sebuah peluang di masa depan, tubuh atau fisik mengerjakan sesuatu untuk mencapai apa yang ingin dicita-citakan, demi masa depan. Selain mata dan tangan, juga kaki.

Kaki pengendara mobil lebih kepada kontrol untuk mendukung akselerasi, percepatan laju, pengereman untuk menurunkan kecepatan atau menginjak kopling sebagai 'engine break' atau oper persneling.

Dalam kehidupan, kaki sama pentingnya dengan tangan. Keduanya berkoordinasi, yang membawa tubuh bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Dan, pada situasi yang nyata saat berkendara. Tidak selamanya kecepatan itu hal yang paling diutamakan, kita harus melihat kondisi jalanan, apakah ramai, sepi, macet, padat, jalun berbatu, jalan berkelak-kelok dan sebagainya.

Memahami medan atau cermat mengetahui di mana roda berputar pada suatu titik keadaan di jalan, sehingga ada tindakan yang relevan yang dilakukan berdasarkan kondisi di lapangan. Aspek-aspek keselamatan juga harus diperhatikan, agar tidak terjadi kecelakaan.

Agar tidak terjadi sebuah kesalahan. Walau kemudian kesalahan itu bisa dijadikan sebagai pelajaran.

*****

(Foto: Masjid Al Mahri 'Kubah Emas')

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman mengurus balik nama motor, pajak tahunan dan ganti kaleng (plat) di Samsat Kelapa Dua Tangerang

Sebagai warna negara yang baik, tentu kita perlu untuk memenuhi apa yang diharuskan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor, yakni membayar pajak. Oleh karena kini sudah berdomisili di Kabupaten Tangerang, tepatnya di wilayah kecamatan Curug, maka Anda yang beralamat di wilayah tersebut bisa mengurus seperti balik nama kendaraan bermotor, pajak tahunan dan ganti kaleng alias plat di Samsat Induk Kelapa Dua Tangerang. Penulis mengalami sendiri, karena berdomisili di Curug, maka tidak dapat mengurus seperti balik nama ranmor, dan lain-lain di Samsat Tangerang (Cikokol). Yang beralamat di Curug diarahkan untuk mengurus ke Samsat Kelapa Dua Tangerang. Perlu diperhatikan kalau Anda mengetikkan kata kunci di Google "Samsat Kelapa Dua Tangerang", maka hasil pencarian teratas akan menunjukkan "Gerai Samsat Kelapa Dua". Kalau Anda ingin cek fisik, mengurus balik nama hingga ganti kaleng secara mandiri (ngurus sendiri), maka di gerai tersebut tampaknya tidak bisa m

Lebih Baik Disini, Rumah Kita Sendiri (Bagian I)

Rasa nasionalis meledak bukan karena sedang nonton pertandingan bola timnas Indonesia, namun justru rasa kebanggaan dengan negara sendiri muncul pada saat ditolak dalam pengajuan VISA keluar negeri, ke USA. Bisa dibayangkan berapa uang yang mesti dikeluarkan dalam pengajuan permohonan VISA serta tinggal di negeri paman Sam tersebut, meski hanya beberapa hari. Untungnya semua biaya ditanggung oleh salah satu perusahaan elektronik terkemuka asal Jepang, yang memiliki Country Manager atau kantor cabang negara yang berlokasi di Jakarta timur. Komprehensifnya arsip, berkas dan surat ternyata mampu dikalahkan dengan "personal identity" yang mungkin mereka anggap belum layak untuk melancong ke negara super power tersebut. Padahal, surat beserta dokumen resmi lainnya telah dilampirkan, bahkan tiket reservasi hotel di Las Vegas pun telah dibukukan. Sekadar diketahui, event CES atau Consumer Electronic Show 2013 digelar pada awal Januari 2013. Di event akbar internasional ters

Pengalaman Balik Nama atau Ubah Nama Sepeda Motor

Balik nama motor itu penting, karena daripada capek-capek bolak-balik pinjem KTP asli pemilik motor lama, maka balik nama bisa memudahkan kita untuk bayar pajak pakai KTP sendiri. Selain itu, dari sisi psikologis juga, motor kesayangan itu sudah benar-benar 100 persen milik kita (perasaannya sih gitu), jadi lebih enak aja. Sebelumnya penulis belum tahu sama sekali dengan proses balik nama. Ya, karena ini baru pertama kali. Seharusnya balik nama itu enggak lama setelah Anda membeli kendaraan, jadi kalau entar-entaran lama-lama jadi males, eh tau-tau sudah kelewat dari jatuh tempo pajak motor tahunan. Terus kena denda deh. Tp sebaiknya memang satu bulan sebelum jatuh tempo pajak motor udah disiapin dan segera cabcus cari waktu ke kantor Samsat. Oh ya, di sini penulis ingin berbagi cerita nyata proses balik nama kendaraan motor. Sebelum berangkat, ada baiknya Anda cari-cari informasi melalui teman, saudara, atau cari di internet bagaimana proses balik nama kendaraan motor. Rupanya