Skip to main content

Pengalaman Balik Nama atau Ubah Nama Sepeda Motor

Balik nama motor itu penting, karena daripada capek-capek bolak-balik pinjem KTP asli pemilik motor lama, maka balik nama bisa memudahkan kita untuk bayar pajak pakai KTP sendiri. Selain itu, dari sisi psikologis juga, motor kesayangan itu sudah benar-benar 100 persen milik kita (perasaannya sih gitu), jadi lebih enak aja.

Sebelumnya penulis belum tahu sama sekali dengan proses balik nama. Ya, karena ini baru pertama kali. Seharusnya balik nama itu enggak lama setelah Anda membeli kendaraan, jadi kalau entar-entaran lama-lama jadi males, eh tau-tau sudah kelewat dari jatuh tempo pajak motor tahunan.

Terus kena denda deh. Tp sebaiknya memang satu bulan sebelum jatuh tempo pajak motor udah disiapin dan segera cabcus cari waktu ke kantor Samsat. Oh ya, di sini penulis ingin berbagi cerita nyata proses balik nama kendaraan motor.

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda cari-cari informasi melalui teman, saudara, atau cari di internet bagaimana proses balik nama kendaraan motor. Rupanya, untuk mengubah nama, mutasi, bayar pajak motor itu adanya di kantor Samsat, dan bukan ada di Polres. Penulis mencoba di Polres Depok terlebih dahulu, atas ketidaktahuan pada hari Sabtu (19/7) pukul 08.30 WIB (sampai di lokasi Polres Depok) dan bertanya kepada dua petugas kantor polisi (gak percaya kalau cuma satu orang petugas).

Pada saat apel pagi para polisi atau karyawan kantor polisi, motor sudah bejubel di luar pagar. Sebagian besar yang datang kebanyakan motor yang ingin mengurus bermacam-macam, mungkin ingin bikin SIM, bikin SKCK dan lain-lain. Begitu pagar dibuka, tanda apel pagi selesai, motor langsung berduyun-duyun masuk dan mencari lahan parkir. Pak polisi di Polres Depok cukup ramah memberitahu bahwa bila ingin balik nama kendaraan motor, itu di Samsat Depok (sesuaikan saja dengan domisili KTP Anda).

Lokasinya lumayan jauh dari Polres Depok ke Samsat Depok di Jalan Merdeka Depok II, tapi dengan motor bisa ditempuh kira-kira 10-15 menit. Dari Polres Depok, lurus terus ke arah selatan (bukan arah mau ke Detos/Margocity, itu ke utara). Ada lampu merah, belok kiri dan terus ikuti jalan. Sampai ketemu pertigaan, belok kiri lagi dan lurus terus.

Nanti akan ada papan plang bertuliskan 'Samsat Depok 100M -->' (menunjukan belok kanan), siap-siap pasang sen kanan untuk belok menuju kantor Samsat Depok (jejeran kantor Kecamatan). Sampai Samsat Depok, hari sabtu rupanya parkiran penuh, ada di sebelahnya area parkiran yang dijagain sama bapak-bapak atau abang-abang (mungkin preman), dan mereka memberi tanda bukti parkir (kita pegang), bayar Rp2 ribu. Bila parkir dalam area Samsat, itu juga kena Rp2 ribu.

Uniknya, mereka sangat bersemangat sekali, menyarankan para pendatang yang punya hajat ke kantor Samsat untuk memarkirkan motornya di sebelah kantor Samsat. Karena kebetulan area parkir di kantor Samsat penuh, maka penulis sempat memarkirkan kendaraan motor di area yang sudah disediakan oleh abang-abang atau bapak-bapak itu tadi.

Ternyata, mereka mendekati dan menawarkan untuk 'proses cepat', sambil basa-basi bertanya, berkas sudah dimasukan ya? mau cara cepat gak? ya kira-kira begitu tawarannya.

Kantor Samsat khusus ngurus beberapa permohonan seperti balik nama kendaraan motor, bukan di Polres ya. Sebaiknya datang lebih awal atau pagi-pagi sekali ke Samsat untuk urus keperluan Anda, karena antrean akan panjang. Penulis tidak tahu, mungkin kantor Samsat pada hari senin-jumat akan lebih sepi ketimbang sabtu, minggu tutup.

Sebelum berangkat, untuk balik nama kendaraan motor, siapkan BPKB, STNK, Surat Ketetapan Pajak Daerah, Kwitansi asli bermaterai dan KTP Asli. Kemudian, semuanya difotokopi. Khusus kwitansi, penulis juga masih bingung mengapa petugas fotokopi nanti akan menyarankan menulis tanggal pembelian, boleh kemarin atau dua hari lalu dari tanggal hari ini. Misalnya, hari ini tanggal 19, maka dituliskan tanggal pembelian motor pada 18 atau 19, bukan beberapa bulan lalu atau bahkan tahun lalu, sesuai kenyataannya.

Enaknya nyiapin berkas dan fotokopi di luar atau sewaktu masih di rumah, sebab fotokopi di dalam Samsat harganya sudah dipukul rata. Untuk fotokopi beberapa lembar dari semua berkas yang disebutkan di atas plus dapat map, Anda harus merogoh kocek Rp5.000,-.

Bila foto kopi di area dalam samsat, petugas fotokopinya sudah biasa ngurus untuk berkas balik nama motor dan menyusun dengan rapih. Lokasi fotokopi tidak jauh dari mushola kantor Samsat Depok.

Bagi Anda yang baru pertama kali balik nama kendaraan motor, begitu sampai Samsat Depok, jangan pusing cari parkir, tetapi langsung saja nyelonong masuk menuju area cek fisik, di mana motor tinggal diantrekan saja mengikuti antrean yang ada. Proses cek fisik cuma menggesek nomor mesin dan nomor rangka saja.

Petugasnya tampaknya sedikit, tapi cukup ramah dan penulis melihat sebagian dari pemilik motor memberi uang Rp10 ribu. Meskipun itu tampak seperti hibah saja, enggak perlu bayar juga enggak apa-apa, tapi sepertinya enggak enak saja kalau enggak ngasih.

Petugas akan mengambil secarik kertas, semacam stiker putih gitu, dan menggesek dibantu alat semacam pensil besar untuk melihat nomor rangka mesin dan nomor rangka motor. Cara gesek ini persis seperti maenan waktu zaman SD, ada pensil, ada uang logam cepean (Rp100) dan kertas. Lalu, relief atau tonjolan yg ada pada uang logam tersebut, digosok/sisir dengan pensil hingga tampak gambar atau teks dari permukaan logam cepean itu.

Bedanya ya kalo cek fisik atau gesek nomor rangka ini, maka, akan tampak nomor mesin dan rangka kendaraan. Setelah didapat nomor rangka, mirip stiker, lalu dilampirkan dalam map dan diberikan ke loket cek fisik. Posisi loket cek fisik dekat dengan area cek fisik mesin. Di loket ini, kita bayar Rp30 ribu.

Menunggu selama lebih kurang 10-15 menit, kemudian dipanggil untuk ambil berkas dengan map. Lalu hasil cek fisik asli (nomor mesin & rangka) yang diberikan dari loket difotokopi, lalu dibawa ke Loket 2 beserta berkas Mapnya. Lokasi Loket 2 ada di dalam gedung utama, yang sudah dipenuhi oleh orang-orang yang menunggu antrean. Setelah berkas diberikan ke Loket 2, lalu menunggu sebentar di depan loket. Petugas di loket ini memberitahu bahwa untuk urus BPKB bisa di Polda Semanggi (Jakarta Selatan).

Setelah dari Loket 2, STNK lama akan diambil sehingga yang tersisa hanya berkas BPKB, form cek fisik yang sudah di-stempel Tukar Nama dan kopian lain-lain seperti KTP dan kwitansi. Di Loket 2, untuk perubahan nama atau balik nama kita bayar Rp50 ribu, kemudian selanjutnya menunggu di Kasir 2.

Di Kasir 2 ini, kita bayar pajak motor tahunan. Penulis menunggu dengan waktu dari pukul 10.30an sampai kira-kira pukul 12.00 WIB. Cukup lama karena memang antrean padat. Di Kasir 2, pemilik motor bayar pajak dengan jumlah yang berbeda-beda. Perbedaan ini tampaknya dipengaruhi faktor tahun pembuatan motor, denda dan lain-lain.

Setelah bayar pajak motor di Kasir 2 selesai, Anda bisa menunggu STNK baru dengan nama pribadi Anda yang diberikan melalui Loket 6. Di Loket 6 ini, meskipun antrean tampak panjang, tetapi bila dihitung kira-kira menunggu selama 10 menit. Dapat STNK baru dan Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBNKB dengan nama pemilik baru, yaitu nama Anda atau nama di KTP yang dilampirkan.

Setelah dapat STNK baru, dari Loket 6 lalu menuju Loket cetak plat nomor. Loket cetak plat nomor ini berada di dekat cek fisik kendaraan. Jam saat itu menunjukkan 12.24 WIB. Menunggu keluarnya plat nomor baru enggak lama sekitar 5 menit (kondisi sudah siang, sedikit orang mengantre). Anda akan mendapatkan plat nomor kendaraan baru, masih kinclong (nomor plat-nya masih sama seperti yang lama, hanya lempengan sengnya saja yang baru).

Seharusnya sih bikin plat nomor ini enggak perlu bayar, tapi petugasnya bilang terang-terangan, "berapa saja", jadi tahu sama tahu, karena ini jarang-jarang, ya sudah kasih saja Rp10 ribu (anggap saja satu plat Rp5.000, jadi kalau dua plat baru sebesar Rp10 ribu). Selesai semuanya beres, plat diambil dan waktu menunjukkan 12.40 WIB. Tinggal BPKB yang katanya bisa diurus di Polda Semanggi.

Sementara ini aman, STNK dan motor aman. Setidaknya bila ada razia, biasanya sih yang ditanya STNK dan SIM C, bukan BPKB. Lebih 'canggih' lagi bila mengeluarkan ID Pers (buat yang profesi wartawan), biasanya polisi jadi 'ngerti'. Tapi, perlu diingat, ID Pers bukanlah alat yang diciptakan untuk membuat luluh polisi. Karena kalau kita memang melanggar, kesadaran akan kesalahan harus berasal dari diri kita sendiri.

BPKB bisa diurus di hari kerja. Penulis juga masih agak bingung, mengapa BPKB tidak bisa diurus langsung di Samsat Depok? Dan, kenapa harus mengurusnya ke Polda Semanggi? Dengar-dengar untuk proses BPKB baru, bisa pakai jalan belakang, tetapi entahlah. Bayar pajak motornya saja sudah dirasa besar, apalagi mengeluarkan duit ekstra untuk pakai metode titip-titip, enggak deh.

Ada hal yang aneh deh, seharusnya persyaratan melampirkan SIM C itu perlu. Kalau menganggap penting SIM C tanda keahlian mengemudi motor, maka itu harus dijadikan salah satu persyaratan untuk balik nama motor. Apa tidak menganggap SIM C itu penting? maka seolah siapapun yang baru beli motor bekas, tidak perlu punya SIM C juga tidak apa-apa. Kan begitu kesannya.

Hal yang aneh lainnya, eh tidak aneh deh, yaitu terlihat adanya pungli. Dari proses di atas, ada yang seikhlasnya (tampak gak wajib), ada yang harus bayar terang-terangan (kayanya wajib), meskipun kita sendiri gak tahu untuk apa uang itu (karena memang tidak dijelaskan, kecuali kalau kita bertanya). Mungkin itu uang administrasi.

Mengingat proses urus beginian jarang-jarang, jadi rasanya ikhlas-ikhlas saja tanpa perlu bertanya untuk apa uang itu. Apalagi petugasnya juga tidak memberikan rincian dan bukti tanda pembayaran. Jadi, datang dari pukul 09.00-an sampai 12.40an hari Sabtu, kelar urus balik nama motor di Samsat Depok.

Kalau ditotal:

Fotokopi berkas lengkap: Rp5.000

Cek fisik (ikhlas): Rp10.000

Fotokopi hasil gesek cek fisik (plus bikin satu rangkap lagi berkas lengkap): Rp8.000 (harga maen patok-patok aja)

Loket 2: Rp50.000

Bayar pajak: sesuai dengan yang ditetapkan

Plat nomor: Rp10.000

Parkir: Rp2.000

Hasilnya bisa beragam, tapi di luar pajak, sudah Rp77 ribu.

Sekian. Semoga tulisan ini bermanfaat.

******

(Foto: Dok. Pribadi)

Comments

  1. lurus ke arah detos uga bisa.. pertigaan belok kanan ke arah jalan juanda.. nanti sampai ujung pertigaan belok kanan.. sampai juga.. ya sama lah jaraknya.. beda macetnya aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda jalan ya? yg penting satu tujuan ka, hehe

      Delete
  2. KTP Asli pemilik sebelumnya perlu ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak perlu, pakai KTP pemilik baru saja..

      Delete
    2. saya mau jual motor saya.
      Sebelumnya saya domisili di Kediri dan STNK motor kediri. Namun 2013 saya pindah KTP surabaya, motor masih STNK Kediri.

      Apakah dengan nama sama, namun alamat KTP berbeda (sudah pindah) termasuk balik nama kendaraan?
      Karena tahun ini waktunya ganti plat nomor, sudah 10 tahun

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Saya belum pernah kalau alamat beda seperti itu, tp di Samsat sepertinya bisa diurus untuk penyesuaian alamat baru. Balik nama biasanya kalau beli motor second atau mengubah nama di STNK & BPKB pemilik lama ke nama pemilik baru. Ini bisa ditanyakan langsung ke Samsatnya utk lebih jelas...

      Delete
  3. Surat ketetapan pajak itu apa? Kwitansi dpt drmn ya? Kalo motor jakarta mau dipindah ke depok kena biaya gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat ketetapan pajak itu yg biasanya ada di balik lembar STNK, kwitansi dibuat sendiri saja, di tulis sendiri. Kalau motor jakarta mau dipindah ke depok, bknnya masih plat B ? utk mutasi seperti itu bisa ditanyakan langsung ke Samsat nya ya

      Delete
    2. tetep itungannya mutasi om...

      makanya ini mau mutasi masih mikir mikir duitnya wkwkwk... saya juga ada motor plat B DKI Jaksel (B 3xxx Sxx) mau mutasi ke tempat saya (Depok Cinere), cuma kayaknya kenak mahal...

      Kalo di omdak, perpanjang pajak tapi "tembak ktp" bisa ga ya? wkwkwk

      Delete
  4. kalau beda wilayah samsat tapi masih 1 kota, otomatis ganti nomor polisi-nya ya? g bisa sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau jg ya, tp stau saya klo msh satu kota kan tetap sama platnya, no plat tetap sama.

      Delete
    2. tetep berubah om...

      wong motor saya yang identitas sama, alamat pun sama (karena memang tangan pertama) pas perpanjang STNK 5 tahunan nomor register berubah karena pemekaran Samsat (yang tadinya terpusat di Samsat Depok, sekarang ada juga Samsat Cinere), nomor yang tadinya B 6xxx Exx [kode wilayah Depok] jadi B 6xxx Zxx [kode wilayah Cinere]

      Delete
  5. Replies
    1. terima kasih sudah mengunjungi blog saya :)

      Delete
  6. Untuk bpkb anda gAnti nama gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti nama semua, STNK dan BPKB. Tapi khusus BPKB di Polda Semanggi.

      Delete
  7. Kalo hari kedua diwakilkan bisa tdk ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari kedua untuk ambil STNK yg sudah jadi? bisa ditanyakan dulu ke petugasnya pd hari pertamanya,,

      Delete
  8. mau tanya.. tahun kemaren saya sudah mutasi motor dari bekasi ke depok... tapi di bpkp kok tidak ada nama pemilik yang baru.. sedangkan di stnk sudah ganti nama yang baru?? masalah nggak yahh nanti saya ketika mau bayar pajak stnk tahunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya BPKB nya juga diurus juga, jadi ada nama pemilik baru. Untuk lebih detailnya bisa ditanyakan ke Samsatnya dulu..

      Delete
  9. Mau tanya jika mau balik nama apakah pajak stnk harus di hidupkan dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Samsat itu nanti bisa diurus sekaligus, balik nama, pajak stnk juga dihidupkan juga. Dalam sehari itu bisa diurus semuanya. (sepengalaman saya).

      Delete
  10. Kalo mau mutasi keluar daerah gimana sih, motor saya kan platnya jaksel, kalo dimutasi disamsat depok bisa nggak ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf klo mutasi keluar daerah sy kurang tahu, sebaiknya hubungi dulu kantor Samsat di Depok, apakah bisa diurus di samsat depok atau perlu urus di Jaksel

      Delete
    2. cabut berkas dulu di komdak om (alias Samsat Jaksel), baru diamsukkin ke Depok

      Delete
  11. Kalo mau mutasi keluar daerah gimana sih, motor saya kan platnya jaksel, kalo dimutasi disamsat depok bisa nggak ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca ini http://www.kompasiana.com/memel/mudahnya-mengurus-sendiri-balik-nama-dan-mutasi-motor_54f3770b745513992b6c76ec

      Delete
  12. Klo STNK nya tidak ada,Bagaimana pa?

    yang ada hanya BPKB dan KTP pemilik baru

    ReplyDelete
  13. Wah, kalo itu search di google jg keluar gambarnya gan, tulis aja keyword 'kwitansi motor'..

    ReplyDelete
  14. Terima kasih untuk yang sudah mengunjungi blog saya. Maaf saya memang jarang online Blog, jadi tidak bisa membls komentar dgn segera. Satu lagi, apa yang saya tulis di atas berdasarkan pengalaman saja. Adapun pertanyaan2 yg sy tidak tahu jawabannya, mohon maaf, karena lebih tepat bila pertanyaan itu ditanyakan langsung kpd pihak Samsat.. (Takut dikira sok tahu, hehe)

    Karena penulis memiliki keterbatasn, hanya tahu pada saat pengurusan hari itu saja. Utk pertanyaan yg lainnya sebaiknya bisa langsung menghubungi/kontak pihak Samsat, terima kasih...

    ReplyDelete
  15. Gan, saya mau bayar pajak 5 tahunan tapi ktp pemilik asli ga ada, apa saya harus balik nama dan mutasi dari F ke B dulu biar bisa bayar pajak dengan ktp pemilik baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca ini sis, http://www.kompasiana.com/memel/mudahnya-mengurus-sendiri-balik-nama-dan-mutasi-motor_54f3770b745513992b6c76ec

      Delete
  16. proses balik nama bpkb gmn gan n biayanya brapa

    ReplyDelete
  17. Kalau di Bandung udah gak ada pungutan liar lagi, sekalian promosi jehehehe;

    http://widhum.blogspot.com/2015/12/balik-nama-dan-mutasi-kendaraan-cuma.html

    ReplyDelete
  18. Mau tanya gan dulu kndaraan saya atas nama saya sekarang saya sudah pindah kabupaten jadi sim sama ktp saya beda dengan di stnk apa kalo ada razia saya kena tilang ngga gan

    ReplyDelete
  19. Mau tanya gan dulu kndaraan saya atas nama saya sekarang saya sudah pindah kabupaten jadi sim sama ktp saya beda dengan di stnk apa kalo ada razia saya kena tilang ngga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya, klo ada razia, asalkan motornya sesuai dgn data2 STNK yg skrng (plat nomor cocok, dll), ga mslh gan.. tp mngkin spya lbih aman, agan bs tnyakan hal ini ke Samsat terdekat

      Delete
    2. selama surat masih hidup, mah gaada masalah wkwkwk

      lah saya mobil malah surat beda semua, SIM Jateng, STNK Jogja, KTP Depok :v (jangan tanya bikinnya dulu gimana :x)

      Delete
    3. makasih gan udah dibantu jawab, wkwkwk

      Delete
  20. Sangat membantu...tnx bro...

    ReplyDelete
  21. KTP pemilik lama masih diperlukan gak untuk balik nama ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngawur..!!
      Dalam proses balik nama,Mutasi,perpanjang pajak stnk tahunan, KTP asli pemilik lama atau yg sesuai dgn nama dlm BPKB dan stnk itu mutlak diperlukan bro!!
      termasuk halnya surat jual beli ranmor atau sekedara kuintasi atau surat pernyataan hibah klo itu bukan beli tp di kasi,

      klo ktp owner lama ga di butuhkan ya kita tinggal curi stnk dan BPKB maka lsg bs proses balik nama,dan sdh jelas nama dlm bpkb dan STNK itu adalah owner yg sah secara hukum,
      apa jadinya klo KTP owner sah nya ga prl saat balik nama ? org pd incar BPKB dan STNK uda lsg py ranmor yg dikehendaki,pamilik aaslinya ga bs nuntut krn nama dlm BPKB uda beda.

      kacau kau ini bro bilang KTP owner lama ga prlo, ko km prnh alami ky gt di samsat,sy tanya samsat mana >? siapa yg urus ? sy bs lacak krn itu ILEGAL !

      Delete
  22. Mau balik nama ...tapi motor nya di kampung..gimana tuh..??

    ReplyDelete
  23. Saya mau tanya bang...
    Saya kan waktu bikin sim pake e.ktp kab. tangerang nah setelah saya menikah e.ktp saya mutasi k.kab lebak terus saya balik nama motor so pake e.ktp kab. Lebak itu kena tilang gak .. pin 7d3a2243

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok tilang ??
      klo yg sy pahami dr kata2 agan diatas itu artinya KTP skrg beda dgn isi STNK ? setidaknya alamtnya beda ? meskipun masih dgn nama yg sama ?
      susah mudeng sy ahaha

      intinya klol balik nama tuh ya KTP, BPKB ,STNK,semua asli hrs ada,,KTP asli nya itu hrs kedua belah pihak,pemilik lama dan calon pemilik baru, dan jg hrs ada kwintasi atua surat jual beli atau surat pernyataan hibah
      ini mau balik nama atau mutasi dr tangerang ke lebak ? atau mutasi dan balik nama bersamaan ?

      tilang dan SIM ga ada hubungamya dgn pajak,mutasi,balik nama dan samsat bro

      Delete
  24. Boleh minta fotonya ga berkas apa ja yg didapat saat balik nama dan bayar pajaknya, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  25. Boleh minta fotonya ga berkas apa ja yg didapat saat balik nama dan bayar pajaknya, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  26. Boleh minta fotonya ga berkas apa ja yg didapat saat balik nama dan bayar pajaknya, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  27. Boleh minta fotonya ga berkas apa ja yg didapat saat balik nama dan bayar pajaknya, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. malam min. ane mau balik nama tapi ktp pemilik sebelumnya ngga ada.. apa bisa min? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  30. oh iya gan klau mau balik nama bpkb di polda persaratanya apa aja,thanks....

    ReplyDelete
  31. oh iya gan klau mau balik nama bpkb di polda persaratanya apa aja,thanks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. samsat polda atau samsat bukan polda semua syarat sama bro..

      KTP pemilk lama Asli
      KTP calon pemilik baru Asli
      kwintasi jual beli atau surat pernyataan hibah klo ranmor itu bukan jual beli tp dikasih
      BPKB dan STNK asli
      Stnk dan nopol baru 1-2 hari jadi, utk bpkb bs 1-4 minggu

      semua itu dgn catatan wilayah tinggal atau KTP pemilik lama dan baru adalah dlm satu wilayah hingga tidak diperlukan mutasi ranmor

      klo KTP pemilik baru jauh dr KTP pemilik lama,maka hrs mutasi ke samsat area pemilik baru, cabut berkas dr samsat wilayah pemilik lama dan masukin berkas ke samsat wilayah pemilik baru.lbih sedikit ribet,tp pd dasanya syarat2 hy spt yg sy sebutin diatas itu kok

      Delete
  32. Mau tanya nih... saya beli motor bekas tapi ga ada kwitansi nya , yg ada hanya stnk dan bpkb aja, apa bisa balik nama motor tanpa ada kwitansi nya.. mhon info nya maksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  33. SIM ga prl saat urus pajak atau balik nama atau beli ranmor,SIM adalah bukti kemampuan dlm mengendarai ranmor, setiap org yg byr pjak ranmor atau bli ranmor bukan berarti dia yg akan pakai. Itulah knp SIM tdk prl dlm urusan2 spt diatas

    ReplyDelete
  34. Gan mohon bantuan sharingnya.
    Saya mau balik nama motor bekas.
    Tapi kwtansinya ilang.
    Stnk dan bpkn ada.
    Bisa gk untuk balik nama tanpa bukti kwtansi pembelian

    ReplyDelete
    Replies
    1. KTP yg sesuai dgn nama dlm BPKB dan STNK ada ga ? klo ga ada ya ga bs bro..

      Delete
  35. plat barunya bisa langsung diambil pak? pengalaman saya, bpkb baru bisa diambil satu bulan kemudian (ktp juga ditahan), dan plat barunya bisa 3 tahun kemudian! :D

    ReplyDelete
  36. Mohon infonya pak,apakah balik nama motor harus nunggu 5 th atau setelah bpkb ganti baru bisa balik nama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. balik nama bs kpn saja ,ga hrs nunggu setahun atau 5 tahn pas ganti plat no, selama semua syarat utk balik nama sdh ada maka lsg aja ke samsat,akan lsg di ptoses balik namanya
      Sekedar mengingatkan utk syarat2 nya balik nama :

      -KTP asli yg sesuai dgn nama pd STNK dan BPKB
      -kwintasi jual beli atau surat pernyataan hibah
      -KTP aasli pemilik baru
      -Dan tentunya BPKB dan STNK asli

      Harus di ingat dan di catat jika pemilik baru itu wilayahnya beda maka bs jd akan diharuskan MUTASI, artinya hrs cabut berkas dr samsat saat ini dan masukan berkas ke samsat baru sesuai wilayah KTP pemilik baru.
      klo masih dlm satu area maka syarat2 pd dasarnya hy spt yg sy sebutkan diatas saja.
      proses STNK baru jd skitar 1-2hari, utk BPKB bs smpai sebulan atau kisaran 1-4 minggu, krn BPKB saat anda melakukan balik nama maka hrs ke samsat pusat atau polda utk perubahan data pemilik terbaru, setelah itu dikirim balik ke samsat dimana anda melakukan balik nama

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. mau nanya bos kalau dari samsat cinere ke samsat depok 2(dari z ke E) kena biaya tambahan ga sekalian balik nama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok biaya tambahan ? Bukan biaya tambahan,tp smua proses diatas emang ada biaya admin nya bro..
      Pindah samsat brarti mutasi dong? Balik nama dgn alamat beda? Klo balik nama dgn alamat sama hy prl perbaikan data di polda .dan smua proses diatas ada biaya administrasi nya..bukan biaya tambahan namanya.
      Yg jelas biaya admin nya lbih murah utk balik/ganti nama dgn alamat yg sama (hy perbaikan/revisi data utk bpkb san stnk)

      Delete
  39. Saya sudah melakukan balik nama, tapi ko nama stnk sama bpkp tidak berubah ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman mengurus balik nama motor, pajak tahunan dan ganti kaleng (plat) di Samsat Kelapa Dua Tangerang

Sebagai warna negara yang baik, tentu kita perlu untuk memenuhi apa yang diharuskan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor, yakni membayar pajak. Oleh karena kini sudah berdomisili di Kabupaten Tangerang, tepatnya di wilayah kecamatan Curug, maka Anda yang beralamat di wilayah tersebut bisa mengurus seperti balik nama kendaraan bermotor, pajak tahunan dan ganti kaleng alias plat di Samsat Induk Kelapa Dua Tangerang. Penulis mengalami sendiri, karena berdomisili di Curug, maka tidak dapat mengurus seperti balik nama ranmor, dan lain-lain di Samsat Tangerang (Cikokol). Yang beralamat di Curug diarahkan untuk mengurus ke Samsat Kelapa Dua Tangerang. Perlu diperhatikan kalau Anda mengetikkan kata kunci di Google "Samsat Kelapa Dua Tangerang", maka hasil pencarian teratas akan menunjukkan "Gerai Samsat Kelapa Dua". Kalau Anda ingin cek fisik, mengurus balik nama hingga ganti kaleng secara mandiri (ngurus sendiri), maka di gerai tersebut tampaknya tidak bisa m

Betapa Mahalnya Sehat Itu

Selagi manusia masih sehat dan beraktivitas dalam rutinitasnya, istirahat adalah salah satu hal utama yang perlu dipenuhi oleh tubuh. Karena kita bukan mesin atau robot, melainkan makhluk hidup yang memiliki sistem yang bekerja dalam raga. Maka, sistem ini perlu diberikan 'waktunya' untuk beristirahat, terutama tidur yang cukup. Namun, apa jadinya bila porsi istirahat menjadi kurang, tetapi setiap hari sudah harus digenjot terus dengan pekerjaan yang menguras energi? Bila satu atau dua hari mungkin tubuh masih bisa sehat, walau tanda-tanda lelah seperti ngantuk di siang hari (karena kurang tidur) itu sudah menjadi pertanda bahwa tubuh perlu istirahat. Agak sulit memang, saat seharian bekerja dari pagi hingga sore atau malam hari, terdapat porsi istirahat yang sebetulnya cukup, namun mata tak jua ingin terpejam. Ada hal lain yang ingin dilakukan, mungkin hiburan atau sekadar berinteraksi dengan sosial media. Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk melepas penat den